Ada Menteri-menteri yang Tak Diizinkan Jokowi Nyaleg, Siapa Saja

Presiden Joko Widodo telah memberi izin kepada setidaknya lima menteri Kabinet Kerja untuk maju sebagai calon legislatif (caleg) di Pileg 2019.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, lima menteri itu adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang berasal dari PDIP, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly yang juga berasal dari PDIP serta tiga menteri lain yang berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Memang beberapa menteri sudah menyampaikan (niat) untuk menjadi caleg,” ujar Pramono di Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa, 17 Juli 2018.

Pramono menyampaikan, Jokowi menggunakan sejumlah pertimbangan dalam memberi izin kepada menteri-menterinya untuk maju ke Pileg 2019 aliasĀ nyaleg. Menteri yang dinilai betul-betul memiliki tanggung jawab strategis serta bidang kerja yang krusial tidak akan diberi izin. Contohnya Sekretaris Kabinet, Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Luar Negeri, hingga Menteri Pertahanan.

Lebih lanjut, Pramono menyampaikan, Partai NasDem menjadi parpol yang sama sekali tidak mengajukan menteri mereka untuk menjadi Caleg. Sementara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih menimbang-nimbang karena Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sedang memiliki tanggung jawab krusial untuk memastikan musim Haji 2018 berjalan lancar.

“Itulah beberapa menteri yang mencalonkan,” ujar Pramono.

VIVA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *