5 Makanan Ini Sering Jadi Penyebab Alergi

JANGAN LUPA SHALAT..!!

Selasa, 09 Oktober 2018 – 23:03 WIB
5 Makanan Ini Sering Jadi Penyebab Alergi - JPNN.COM

jpnn.com – Alergi merupakan gangguan kesehatan berupa kelainan sistem imun. Kondisi ini ditandai dengan adanya reaksi sistem imun yang berlebihan saat terjadi paparan zat tertentu dari luar tubuh, yang sebetulnya bukanlah zat berbahaya.

Salah satu penyebab alergi adalah konsumsi makanan tertentu.

Alergi makanan merupakan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap senyawa dalam makanan tertentu. Alergi makanan ini bisa bersifat kronis (berlangsung lama) atau akut (secara tiba-tiba). Nah, reaksi alergi akut ini bisa menyebabkan kondisi serius yang mengancam nyawa, yaitu syok anafilaksis.

Cara paling efektif dalam mencegah kambuhnya alergi adalah dengan menghindari pencetusnya. Pada alergi makanan, berikut ini adalah lima jenis makanan yang dilaporkan paling sering menimbulkan atau bikin kambuh alergi.

Lima makanan ini paling sering memicu alergi

1. Telur

Alergi terhadap telur sering dialami oleh anak-anak. Bahkan, setengah dari anak-anak mengalami alergi telur hingga usia 3 tahun. Pada beberapa kasus, alergi terhadap telur dapat menyebabkan reaksi anafilaksis yang berbahaya untuk tubuh. Protein yang terkandung di dalam telur seperti ovomucoid, ocoalbumin, dan conalbumin dapat menyebabkan timbulnya reaksi alergi.

Proses pemasakan dapat menghancurkan alergen (zat penyebab alergi) ini. Sehingga pada beberapa orang, alergi terhadap telur hanya muncul jika dikonsumsi mentah atau setengah matang. Namun, pada beberapa orang yang alergi terhadap telur, biasanya juga alergi terhadap daging unggas seperti ayam, bebek, angsa, kalkun, bahkan terhadap bulu unggas.

Sumber : Klikdokter
Berita Terkait
Berita Lainnya
Sponsored Content
loading…
loading…

JPNN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *