7 Penyebab Obesitas yang Sering Diabaikan

JANGAN LUPA SHALAT..!!

Selasa, 09 Oktober 2018 – 22:37 WIB
7 Penyebab Obesitas yang Sering Diabaikan - JPNN.COM

jpnn.com – Saat mendengar tentang obesitas, satu hal yang selalu terpikir adalah karena pola makan. Padahal obesitas tidak selalu terkait dengan diet. Ada banyak sekali hal yang bisa memicu penumpukan lemak berlebihan dalam tubuh.

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami obesitas atau tidak, Anda perlu mengetahui Indeks Massa Tubuh (IMT). Cara menghitung IMT adalah Berat Badan / (Tinggi Badan x Tinggi Badan). Misalnya: BB = 50 kg dan TB = 158 cm, maka IMT = 50 / (1.58 x 1.58) = 20.

Obesitas bisa berkembang akibat adanya faktor genetik. Artinya, mereka yang memiliki keluarga dengan obesitas cenderung lebih berisiko pada kemudian hari. Gen ini memengaruhi jumlah lemak yang disimpan dan distribusi lemak dalam tubuh.

Selain itu, genetik juga mengatur seberapa efektif tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi dan pembakaran kalori selama berolahraga.

Sayangnya, faktor genetik tidak bisa Anda ubah, tapi jangan khawatir, penyebab atau faktor risiko diabetes di bawah ini masih bisa Anda ubah:

1. Kurang aktivitas fisik

Jarang berolahraga atau minimnya aktivitas fisik otomatis akan sedikit membakar kalori dalam tubuh. Kalori yang dibakar tidak sebanding dengan kalori yang masuk, sehingga lama-kelamaan bisa memicu obesitas.

2. Pola makan yang tidak sehat

Sumber : Klikdokter
Berita Terkait
Berita Lainnya
Sponsored Content
loading…
loading…

JPNN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *