ACT Targetkan Bangun 5 Ribu Hunian Sementara, Ini Lokasinya

JANGAN LUPA SHALAT..!!

JawaPos.com – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menargetkan sebanyak 5.000 hunian sementara untuk para korban gempa dan tsunami Kota Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah. Saat ini ada sekitar 78.994 warga yang tinggal di pengungsian.

Senior Vice President ACT Syuhelmaidi Syukur mengatakan, pihaknya sudah melakukan survei ke beberapa lokasi untuk membuat hunian sementara para korban gempa dan tsunami.

“Setiap titik kita sudah kirim tim untuk mereka survei lokasi agar kita mendapatkan tempat untuk membangun rumah sementara,” kata Syuhelmaidi di Posko ACT, Jalan Haji Ayun, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (12/10).

Menurut Syuhelmaidi, pihaknya berencana membuat hunian sementara di Palu Barat yang lokasinya berada di atas Perumnas Balaroa. Selain itu, lembaga yang fokus membantu isu kemanusiaan itu juga berencana membangun hunian sementara di wilayah Sirenja, Kabupaten Donggala.

“Jadi mungkin dalam pekan ini kita akan datangkan tim kontruksi yang kemarin tugasnya di Lombok untuk segera membangun perencanaan,” ucapnya.

Oleh karena itu, setelah perencanaan selesai ACT akan segera bergerak menyelesaikan hunian sementara tersebut. “Jumlahnya tahap awal kita menargetkan 1000 dulu sambil kita melihat titik mana saja yang akan dibangun,” urainya.

Selain rumah hunian sementara, sambung Syuhelmaidi, pihaknya juga berencana membangun rumah ibadah, sekolah hingga taman bermain anak-anak.

“Kita siapkan pusat kegiatan untuk masyarakat termasuk juga akan kita siapkan warung wakaf,” pungkasnya.

(rdw/JPC)

Jawa Post




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *