Begini Pemikiran Jack Ma Soal Kunci Sukses Kemajuan Sebuah Negara

JANGAN LUPA SHALAT..!!

JawaPos.com – Pendiri raksasa e-commerce Alibaba, Jack Ma, membeberkan kunci kemajuan sebuah negara berkembang. Menurutnya, kemajuan itu tergantung dari bagaimana cara pemerintah mengembangkan infrastruktur internet dan usaha kecil menengah.

“Yang paling penting adalah infrastruktur internet. 30 tahun lalu, jika tidak ada listrik, maka tidak ada harapan bagi sebuah negara tersebut, tidak ada harapan untuk era tersebut,” ujarnya di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10).

“Saat ini jika di suatu negara tidak ada koneksi internet maka negara tersebut tidak akan ada harapan. Karena anda menghambat masyarakat anda untuk memperoleh informasi,” sambungnya.

Perihal kecepatan internet, Ma menyebut hal itu tidak menjadi masalah. Sebab, ketika infrastruktur itu sudah dibangun secara merata, masyarakat akan dengan sendirinya melakukan inovasi.

“Karena itu tidak ada alasan untuk menentang hal itu. Tapi jangan dicemaskan soal kecepatan internetnya, 24 tahun yang lalu saat saya merancang bisnis internet di China. Butuh waktu tiga jam setengah untuk men-download setengah gambar saja,” kata dia.

Selain itu, usaha kecil menengah juga dianggap akan menjadi penopang bagi perekonomian dalam negeri dengan baik. Sebab, mereka mampu berjuang dalam perubahan iklim bisnis yang tak menentu.

“Saya pikir yang perusahaan saya harus fokus lakukan adalah membantu perusahaan-perusahaan kecil saja. Dorong enterpreneurship, karena bukan pemerintah yang menciptakan bisnis atau usaha, itu adalah kerjaannya seorang enterpreneur. Mereka memiliki ide dan mimpi, jadi dorong mereka berkembang,” jelas dia.

Oleh karena itu, dia meminta kepada semua orang tidak lelah untuk berjuang. Menurutnya, kesuksesan tidak semata datang dengan cepat dan mudah.

“Jadi inilah revolusi negara maju. Kalau anda ingin kaya, adalah harus melakukannya. Jalannya memang panjang, dan harus percaya bahwa hal itu bisa dijalankan,” tandasnya.

(hap/JPC)

Jawa Post




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *