Benar Engga sih Kentang Bisa Gantikan Nasi? Perhatikan Sajiannya

JANGAN LUPA SHALAT..!!

JawaPos.com – Karena ketidaktahuan, kadang seseorang lebih memilih kentang ketimbang nasi sebagai ganti karbohidrat. Alasannya karena kentang bisa membantu menurunkan berat badan.

Tapi benarkan kalori kentang lebih kecil dari nasi?

Dr. Grace Judio, Weight Control Spesialis, mengatakan perlu dipahami bahwa kentang dan nasi memiliki kalori yang hampir sama. Sehingga yang membedakan keduanya adalah cara penyajiannya.

Biasanya, kentang dapat dikonsumsi sendirian tanpa makanan pendamping. Sementara nasi biasanya dimakan bersamaan dengan lauk. Nasi dan lauk inilah yang membuat kalori jadi lebih tinggi.

Cara pengolahan kentang pun perlu diperhatikan. Karena bisa jadi cara masak yang salah membuat kalori kentang jadi lebih tinggi.

“Indeks glikemik pada kentang tergantung dari cara masaknya juga, kalau dibuat dengan mash potato, kalorinya bisa saja lebih tinggi karena dikasih cream, tapi kalau mash tanpa cream, kalorinya akan sama dengan kentang rebus biasa,” ucap dr. Grace Judio, saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta, Jumat (12/10).

Untuk mendapatkan nutrisi yang baik dari kentang, sebaiknya dikonsumsi dengan cara direbus bersamaan dengan kulitnya. Dengan demikian kentang hanya memiliki sekitar 3 gram protein. Ini memenuhi kebutuhan sekitar 5 persen dari asupan harian yang disarankan untuk pria dan 6 persen untuk wanita. 

(Inr/JPC)

Jawa Post




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *