Benarkan Obat Pencahar Bikin Kurus? Ini 5 Mitos atau Fakta Soal Diet

JANGAN LUPA SHALAT..!!

JawaPos.com – Ragam program diet yang berkembang saat ini memang mempermudah seseorang untuk menurunkan berat badan. Namun sayangnya, seseorang terlalu sering menelan info secara mentah-mentah sehingga diet yang dilakukan tidak berjalan dengan baik.

Menurut dr. Grace Judio, Weight Control Spesialis, memang masih ada mitos yang dipercaya masyarakat tentang diet. Namun, adapula yang benar alias fakta. Setidaknya ada lima hal yang harus diketahui terkait diet atau perut gendut, apakah mitos atau fakta?

1. Minum Air Dingin Bisa Bikin Gendut

tips diet, tren diet, makanan diet, mitos atau fakta,
Ilustrasi. Makanlah 3 jam sebelum tidur. Sehingga makan malam bikin gendut itu mitos. (Pinterest)

Banyak yang mengira minum air dingin menyebabkan lemak pada tubuh jadi tidak larut, sehingga berpotensi menaikkan berat badan. Padahal minuman dingin saat dikonsumsi suhunya akan berubah sesuai dengan suhu tubuh. Maka jawabannya, mitos.

2. Makan Malam Bikin Gendut

Pada dasarnya jam makan tidak memegang peran bagi orang yang sedang menurunkan berat badan. Yang memegang peran adalah tetap mengontrol kalori yang masuk pada tubuh. Idealnya makanlah 3 jam sebelum tidur. Sehingga makan malam bikin gendut itu mitos.

3. Nasi Putih Tidak Disarankan Saat Diet

Orang yang  ingin menurunkan berat badan sebisa mungkin tidak mengonsumsi banyak gula. Sementara nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi maka sebaiknya dihindari saat ingin mengontrol berat badan. Nasi merah lebih baik untuk pengganti nasi putih karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, gula darah tidak gampang naik, dan kenyang lebih lama.

Jawabannya, fakta.

4. Makanan Pakai Olive Oil Bisa Bikin Kurus

Makan pan olive oil bisa bikin kurus adalah mitos. Masak makanan memakai olive oil  tidak berpengaruh terhadap berat badan. Baik dengan minyak zaitun maupun minyak jagung kalorinya tetap sama. Hanya saja olive oil tidak membuat plak pada pembuluh darah jantung, sehingga baik  untuk pembuluh koroner.

5. Minum Obat Pencahar Biar Kurus

“Kalau misal dia tidak BAB selama 3 hari, tidak apa-apa kalau ingin pakai pencahar, tapi tidak berpengaruh pada pengurangan lemak yang ada di dalam tubuh. Obat pencahar berfungsi untuk membuang sampah yang ada pada tubuh,” ucap dr. Grace Judio.

Selain itu, banyak orang yang menggantikan obat pencahar dengan lemon, padahal lemon pun tidak mempengaruhi terhadap penyerapan lemak. Sehingga minum obat bisa bikin kurus adalah mitos.

(Inr/JPC)

Jawa Post




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *