Delegasi Dunia Diklaim Puji Keberhasilan RI Selenggarakan IMF-WB 2018

JANGAN LUPA SHALAT..!!

JawaPos.com – Pelaksanaan Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank (WB) di Nusa Dua, Bali, telah berlangsung selama 6 hari. Selama itu juga, acara puncak sudah terlewati. Masih ada beberapa rangkaian acara sebelum benar-benar usai pada 14 Oktober 2018.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengklaim mendapat pujian dari para delegasi atas pelaksanaan IMF-WB 2018. “Secara penyelenggaraan dari sisi IMF meeting utamanya sudah selesai. Siang ini semua testimoni kepada Indonesia bahwa penyelenggaraan (IMF-WB) ini benar-benar melakukannya profesional,” ujarnya dalam press briefieng di Nusa Dua, Bali, Sabtiu (13/10).

Dody mengakui, persiapan yang dilakukan pihaknya bersama pemerintah tidaklah mudah. Apalagi, persiapannya sudah dilakukan sejak 2015 silam. Oleh karena itu, keberhasilan penyelenggaraan ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan kedepannya untuk menyelenggarakan acara yang lebih besar lagi.

“Yang kita lihat kelanjutannya, negara lain yakin kita bisa mengerjakan dengan baik. Jadi diharapkan bisa ada event selanjutnya. Tamu asing mengatakan akan sulit mengalahkan Indonesia di forum-forum lainnya,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Dody, pelaksanaan forum G20 juga berjalan lancar. Bahkan, dia menyebut dalam forum itu ada beberapa solusi yang muncul khususnya dari dampak perang dagang Tiongkok-AS saat ini.

“Pertumbuhan ekomomi dunia 2018-2019 di 3,1 persen dari target 3,9 persen. Momentum pertumbuhan dunia tahun ini akan terkoreksi. Dengan demikian bagaimana di emerging bisa memitigasi risiko yang ada,” tandasnya.

(hap/JPC)

Jawa Post




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *