Jaga Kebersihan, No Bra Day Sadarkan Kaum Hawa Untuk Rajin Cuci Kutang

JANGAN LUPA SHALAT..!!

JawaPos.com – Menjaga kebersihan tubuh bukan hanya dengan mandi dua kali sehari dan menjaga kebersihan pakaian luar. Akan tetapi pakaian bagian dalam seperti kutang atau bra juga wajib diperhatikan kebersihannya. Berapa kali Anda mengganti dan mencuci kutang?

Momentum No Bra Day atau Hari Tanpa Bra juga bisa menyadarkan kaum hawa untuk hidup lebih sehat lagi. Tak hanya menyemangati para penyintas kanker payudara, tetapi juga dengan menjaga kebersihan bra.

Banyak kaum hawa bisa jadi masih memakai bra yang tak dicuci selama tiga hari. Semestinya, sama saja dengan celana dalam, akan lebih sehat jika menggantinya sehari dua kali dan mencucinya setiap kali dipakai.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Denpasar, Bali, Laksmi Duarsa, menjelaskan kebersihan bra tergantung pemakainya dan seberapa banyak tubuh beraktivitas. Bisa saja hari ini melaksanakan aktivitas di ruangan dengan AC yang dingin tanpa debu, tetapi bisa juga melakukan aktivitas di luar ruangan terkena sinar matahari keesokan harinya.

“Maka masih ditoleransi jika hari ini tak terlalu banyak aktivitas, bra dipakai kembali besok. Tetapi kalau sudah banyak aktivitas dan berkeringat banget, sebaiknya ganti. Wajib dicuci,” tegas Laksmi kepada JawaPos.com, Jumat (13/10).

Laksmi menjelaskan bra penuh keringat tetapi masih digunakan, maka akan menjadi sumber bakteri atau kuman. Jangan mengeluh jika payudara terasa gatal atau iritasi.

“Kalau tak diganti-ganji bisa jadi sumber kuman atau jamur,” ungkapnya.

Mencuci bra ternyata bisa juga menambahkan cairan antiseptik selain sabun mencuci pakaian. Kemudian dijemur hingga kering di bawah sinar matahari. Selain itu, bra juga tetap wajib disetrika.

“Harus benar-benar kering saat dipakai. Jangan dipakai dalam keadaan basah ya. Disetrika dulu agar kumannya mati,” katanya.

Hal lain yang menjadi masalah adalah perempuan juga malas membeli bra. Jika sudah nyaman dengan 1-2 bra, maka bra itu saja yang dipakai selama berbulan-bulan.

“Ketika tali dan pengaitnya sudah mulai lepas, atau kawatnya sudah tak bagus, barangkali menjadi tanda untuk segera membeli bra baru,” ungkapnya.

(ika/JPC)

Jawa Post




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *