Pakai Bra Saat Tidur Malam Bisa Picu Kanker Payudara, Mitos atau Fakta

JANGAN LUPA SHALAT..!!

JawaPos.com – Tujuan penggunaan bra atau kutang adalah sebagai keindahan (estetika) atau kosmetika. Salah satunya agar membuat payudara terlihat lebih kencang, indah, dan rapi saat berbusana. Jika berbicara soal bra dalam kampanye No Bra Day setiap 13 Oktober, kaum hawa masih percaya jika tidur menggunakan bra bisa memicu kanker payudara. Benarkah demikian?

Pakar Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Agung Waluyo menjelaskan, korelasi itu memang belum bisa dibuktikan secara medis. Catatan atau survei pada pasien kanker payudara juga belum sampai bertanya kepada mereka apakah memiliki riwayat selalu menggunakan bra saat tidur di malam hari.

Menurut Agung, hingga saat ini penyebab pasti kanker belum diketahui. Untuk kasus kanker payudara, kata dia, lebih banyak diderita oleh pasien karena faktor genetik atau keturunan.

“Lebih banyak pasien yang penyakitnya itu diturunkan oleh keluarga. Entah itu tumor atau kanker, lebih kepada genetik,” jelasnya kepada JawaPos.com, baru-baru ini.

Menurutnya masyarakat sering menghubung-hubungkan suatu kejadian yang kebetulan. Menurut Agung, kaitan antara pembekuan darah atau gangguan aliran sirkulasi darah akibat kawat pada bra, juga belum bisa dibuktikan secara pasti. Sebab jika kaitannya hanya digunakan dalam jangka waktu tertentu, pasti hanya memberikan efek tak nyaman saja.

“Secara alamiah saat memakai korset yang ketat, misalnya saat kondangan pakai kebaya atau seniman sinden atau penari pakai korset saat bertugas, itu kan hanya saat masa kerja. Tetapi pasti setelah itu dilepas,” jelasnya.

Lantas apakah tidak menggunakan bra ada korelasinya dengan pencegahan kanker payudara?

Agung mengatakan hal itu belum ada pembuktian secara medis. Dia menyarankan agar perempuan sebaiknya menggunakan bra yang cocok dan nyaman.

“Biasanya yang bagus tentu yang menyerap keringat. Jika ada kawatnya itu jangan terlalu ketat biar tak sakit,” ungkapnya.

(ika/ce1/JPC)

Jawa Post




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *