Rekonstruksi Daerah Terdampak Bencana, ADB Beri Pinjaman USD 1 M

JANGAN LUPA SHALAT..!!

JawaPos.com – Asian Development Bank (ADB) memberikan pinjaman USD 1 miliar ke Indonesia untuk rekonstruksi daerah terdampak bencana alam. Pemerintah saat ini masih menyusun perincian penggunaan dana pinjaman tersebut agar bisa segera dicairkan ADB.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan perencanaan untuk rekonstruksi Palu dan Lombok untuk mengimplementasikan pinjaman ADB.

“Ini harus fleksibel untuk keduanya, sesuai kebutuhan. Dia bilang bisa sesegera mungkin, makanya kita harus siap segera dengan programnya, tetapi mereka ready anytime,” ujarnya kemarin (13/10).

Rekonstruksi Daerah Terdampak Bencana, ADB Beri Pinjaman USD 1 M
Menteri/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (kiri) (Ricardo/JPNN/Jawa Pos Group)

Dia menjelaskan, tenor pinjaman itu cukup panjang dengan bunga lebih rendah bila dibandingkan dengan pinjaman komersial. “Itu consessional loan namanya,” imbuh mantan menteri keuangan tersebut. Bantuan darurat itu di luar program pinjaman reguler ADB bagi Indonesia yang rata-rata mencapai USD 2 miliar setiap tahun.

ADB juga akan memberikan bantuan teknis untuk kajian yang dipimpin pemerintah, perencanaan pemulihan, dan rekonstruksi. Pada 8 Oktober, ADB menyetujui hibah darurat senilai USD 3 juta dari dana tanggap bencana Asia-Pasifik (Asia-Pacific disaster response fund) ADB untuk pemberian bantuan di Sulteng. 

(vir/c10/oni)

Jawa Post




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *